Kamis, 19 Juni 2014

705 Calon Penghuni Mars Masih Dalam Proses Seleksi Astronot Mars One

Amersfoort, Belanda, 5 Mei 2014 - Mars One mengumumkan bahwa 353 calon dari seluruh dunia telah dieliminasi dari program seleksi untuk menjadi koloni Mars pertama. Jumlah kandidat yang tersisa dalam kesempatan ini sekarang hanya 705 peserta.

Para kandidat yang tersisa akan diwawancarai oleh panitia seleksi Mars One. Kepala Mars Medical Officer, Norbert Kraft, MD mengatakan, "kami sangat bersemangat untuk memulai fase berikutnya yaitu tahap ke-2, dimana kita mulai lebih memahami kandidat yang bercita-cita untuk mengambil perjalanan yang berani. Mereka harus menunjukkan pengetahuan, kecerdasan, kemampuan beradaptasi dan kepribadian mereka." Mars One juga telah menjalin kerjasama antara perusahaan dengan media untuk melaporkan wawancara tersebut.

Pada Desember 2013, Mars One mengumumkan bahwa terdapat 1058 peserta dari 200.000 pelamar. Mars One meminta mereka menyelesaikan dua tugas pada bulan Maret 2014 untuk memberikan pernyataan medis kesehatan dari dokter dan membuka secara online profil Mars One mereka kepada publik. 418 pria dan 287 wanita yang berhasil menyelesaikan kedua tugas ini akan diundang untuk wawancara pribadi. 313 calon awal berasal dari Amerika, 187 dari Eropa, 136 dari Asia, 41 dari Afrika, dan 28 dari Oceania.


Beberapa kelompok kandidat tidak melanjutkan sampai ke tahap wawancara karena alasan pribadi maupun alasan medis. Alasan pribadi sebagian besar terdapat pada kelompok usia 40-50 tahun, sedangkan kandidat yang harus menarik diri dari mimpi mereka karena alasan medis sebagian besar adalah kelompok dari usia 20-35 tahun. Norbert mengatakan, "yang benar-benar meninggalkan kesan pada kami adalah kenyataan bahwa tes medis ternyata memiliki dampak besar bagi kehidupan para kandidat, karena beberapa dari mereka dinyatakan perlu menjalani operasi, ada pula yang sakit dan membutuhkan perhatian medis, atau bahkan mengidap kanker ganas yang seharusnya tidak terdeteksi di tahap awal."

Seusai tahap wawancara, kelompok kandidat-kandidat ini akan dikurangi menjadi beberapa tim internasional yang setiap kelompoknya terdiri dari dua wanita dan dua pria. Tim-tim calon penghuni Mars ini akan dipersiapkan untuk menghadapi sebuah misi dengan keharusannya berpartisipasi penuh waktu dalam program-program pelatihan yang ekstensif.

Pelatihan untuk mempersiapkan diri pergi ke Mars akan menjadi pekerjaan yang padat bagi para kandidat. Seluruh tim dan individu ini mungkin dipilih selama pelatihan, apakah mereka terbukti layak untuk ikut serta dalam misi ini. Mars One akan mengulangi proses seleksi secara teratur untuk melatih tim tambahan dan menggantikan tim yang telah dihilangkan, serta awak-awak mereka yang telah berhasil meninggalkan bumi untuk hidup di Mars.

By : Ant.Nugros
Kata Kunci : Mars One, seleksi, misi