Kamis, 05 Juni 2014

Rosario dan Fungsinya

Siapa yang tidak kenal benda Rosario seperti yang ada pada gambar disamping?? Siapa juga yang sering memakai benda ini untuk dikalungkan, yang katanya sih untuk penangkal setan atau iblis?

Teman-teman OMK, berikut sekilas pembahasan untuk benda rohani yang satu ini. Banyak diantara kita sering menyalahgunakan fungsi sesungguhnya dari Rosario. Kebanyakan untuk aksesoris, untuk penangkal bahaya, untuk ‘jimat‘ keberuntungan, dan sejenisnya yang menjurus pada keselamatan duniawi. Dalam ajaran Gereja Katolik, keselamatan diartikan sebagai berkat Allah semata, yang diperoleh melalui Iman dalam Tuhan dan ketaatan untuk mengikuti seluruh perintah-Nya. Jadi orang yang memakai Rosario dan menganggapnya sebagai penangkal keselamatan, belum tentu diselamatkan kalau tidak selaras Imannya kepada Kristus dan melaksanakan seluruh perintah-Nya. Namun, seseorang yang menggunakan Rosario untuk berdoa, memiliki kesempatan untuk mencapai kekudusan dan memperoleh keselamatan. Sebaliknya, orang yang tidak menggunakan rosario, namun terus bertumbuh dalam Iman dan Sakramen, serta melaksanakan perintah Kristus sampai akhir hayatnya, orang tersebut juga berhak untuk diselamatkan.

Pada dasarnya, fungsi dari benda rohani ini tak lain hanya untuk berdoa Rosario. Doa rosario adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Bunda Maria. Rosario berasal dari bahasa latin (Rosa : Mawar, rio : Bunga) Rosario: Bunga Mawar. Bunga mawar melambangkan cinta kasih, kebahagiaan dan keselamatan. Banyak orang mencintai Maria dan menghormatinya dengan menghias gambar, patung/arca dengan untaian bunga Mawar. Maria dilambangkan dengan bunga Mawar karena Maria adalah orang pertama yang menerima cinta Allah sebagai seorang hamba dengan bersedia mengandung dan melahirkan Yesus, Sang Putera Bapa. Tuhan Yesus adalah lambang cinta kasih Allah Bapa kepada manusia. (almabhaktiluhur.com/Tahun-B/masabiasa26.html)
        
Menggunakan  benda sebagai alat bantu dalam berdoa berawal sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, di situs Niniwe kuno, para arkeolog menemukan ”patung dua wanita bersayap sedang berdiri di hadapan pohon suci dengan sikap berdoa; tangan kiri mereka memegang sebuah rosario”.—The Catholic Encyclopedia. Selain itu, fungsi dari Rosario disampaikan dalam sebuah buku ensiklopedia, yaitu ”Jika doa harus diulangi banyak kali, orang cenderung menggunakan alat mekanis yang lebih praktis daripada jari tangan untuk menghitung pengulangannya.” Sehingga Rosario menjadi sarana yang terbaik dalam cara berdoa umat Katolik.

Jadi sekarang, waktunya menggunakan alat berdoa Rosario dengan sebaik-baiknya dan lebih mendekatkan diri dengan berdoa yaaaa.. Selamat berdoa teman-teman :)

Dyta – St. Arnoldus Janssen

Kata Kunci : Rosario, fungsi, berdoa, Katolik

0 komentar :

Posting Komentar