Rabu, 11 Juni 2014

Capres Narsis Foto Sampul

Internet memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari - hari bagi masyarakat di hampir seluruh dunia, perkembangan teknologi ini juga telah mengubah sekian banyak sejarah kehidupan umat manusia. Internet pun saat ini sudah banyak digunakan untuk kepentingan politik, siapapun dapat melakukan kampanye untuk memperoleh jabatan atau tempat dalam pemerintahan melalui publikasi di media online tersebut.

Berita online Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Menurut Direktur Pelayanan Informasi Internasional, Selamatta Sembiring, di era globalisasi sekarang ini perkembangan telekomunikasi dan informatika (IT) sudah begitu pesat. Teknologi membuat jarak tak lagi jadi masalah dalam berkomunikasi. Internet tentu saja menjadi salah satu medianya. 

Sembiring mengatakan bahwa situs jejaring sosial yang paling banyak diakses adalah Facebook dan Twitter, Indonesia pun menempati peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbanyak setelah USA, Brazil, dan India. Setiap orang yang mendaftar di Facebook mempunyai satu akun dengan informasi masuk. Setiap akun dapat memiliki satu kronologi atau urutan kejadian, serta mengelola beberapa halaman (fanpage).

Facebook Timeline adalah update Facebook terbaru yang diresmikan oleh sang CEO, Mark Zuckerberg selama konferensi pengembangan perusahaan. Facebook Timeline mengubah profil lama pengguna Facebook menjadi lembar memo virtual yang pada dasarnya menunjukkan riwayat hidup pengguna sejak lahir hingga saat ini. Salah satu fitur baru yang terlihat dari desain Facebook Timeline ini adalah foto sampul, suatu ruang yang terletak di bagian atas halaman profil. Dalam Facebook Timeline, pengguna diberi kebebasan penuh untuk merancang halaman profil berdasarkan kreativitas mereka sendiri dalam mengungkapkan kepribadian seseorang.


Menurut bantuan aplikasi Facebook, terdapat perbedaan foto profil dengan foto sampul Facebook. Foto profil adalah foto yang terletak di sebelah nama pengguna Facebook di setiap halaman profil di Facebook. Foto inilah yang membuat orang dapat mengenali penggunanya. Lain halnya dengan foto sampul yang adalah gambar besar di bagian atas kronologi. Foto sampul merupakan kesempatan bagi sang pengguna untuk menampilkan citra unik yang mewakili kepribadian dirinya atau apapun yang dapat menarik perhatian orang terhadap dirinya.

Foto sampul bisa dikatakan sebagai sebuah cara menampilkan kesan pertama yang baik bagi siapa saja yang membuka halaman profil seseorang. Khususnya bagi para calon presiden Indonesia 2014 ini, foto sampul yang ditampilkan merupakan alat pencitraan yang baik bagi masyarakat yang nge-like fanpage mereka. Melalui foto sampul di fanpage Facebook, mereka dapat memikat hati masyarakat melalui setiap janji dan kesan yang disampaikan. Foto sampul di fanpage Facebook termasuk ke dalam strategi branding yang baik di mata masyarakat. Karena secara tidak langsung, foto sampul di  fanpage Facebook mempengaruhi citra para calon presiden Indonesia 2014. Semakin desain foto itu memiliki sentuhan rekayasa atau kolase, dramatisir, hiperbola serta daya henti bagi mata yang melihat, maka kemungkinan masyarakat akan semakin tertarik untuk menjadi follower-nya. Karena foto sampul yang ada di fanpage Facebook dapat mewakili kesan yang ingin ditonjolkan pada mata masyarakat yang sebagian besar menggunakan media jejaring sosial Facebook ini.

Tahun 2014 merupakan momentum tahun politik bagi negara Republik Indonesia yang menjadikan topik tersebut akan sering dibicarakan di ranah nyata maupun dunia maya. Hal ini terbukti dengan adanya calon presiden seperti Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang sudah memiliki akunnya masing - masing di media sosial. Dalam konteks pengamatan atau penelitian, desain akun Facebook dua capres tersebut berbeda-beda, hal ini terlihat melalui tampilan foto sampul mereka. Misalnya foto sampul dalam akun fanpage Facebook Prabowo Subianto, digambarkan beliau sedang memeriksa barisan pemuda Gerindra dengan menunggangi kuda dan dikawal oleh 3 orang pengamannya dengan membawa bendera merah putih yang didalamnya terdapat gambar tiga bintang dan burung garuda.


Lain halnya pada foto sampul dalam fanpage Facebook Joko Widodo, beliau digambarkan mengenakan pakaian formal dan ada kalimat bertuliskan “Jokowi Untuk Negeri!”.


Kedua capres tersebut memiliki desain foto sampul yang berbeda dalam rangka menunjukkan tekad dan usahanya masing - masing untuk menduduki kursi RI-1. Karena desain yang berbeda itu, maka dapat dikatakan bahwa kampanye para capres tersebut pun ditujukan pada target kalangan yang berbeda pula.

Sumber : http://kominfo.go.id
Ant.nugros – St. Arnoldus Janssen
Kata Kunci : capres, foto sampul, facebook, fanpage, kampanye

0 komentar :

Posting Komentar