Senin, 14 Juli 2014

Misa Sayang Anak

Misa atau Perayaan Ekaristi Kudus yang biasanya diikuti oleh seluruh umat dikenal dengan istilah Misa untuk umum. Namun anak-anak yang hadir dalam Misa umum itu kadangkala dianggap sebagai gangguan. Seringkali umat merasa terusik dengan kehadiran anak-anak kecil di tengah berlangsungnya Perayaan Ekaristi. Ada yang mondar-mandir berlarian di dalam Gereja, menimbulkan bunyi-bunyian atau rengekan meminta mainan, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Namun lain halnya dengan Misa Anak yang diadakan hari Minggu, 6 juli 2014  lalu di Gereja Santo Arnoldus Janssen. Misa yang bertema “Tuhan Yesus Sahabatku” ini telah merubah pandangan-pandangan tersebut, karena liturgi dalam Ekaristi ini dikemas dengan sangat ciamik, meriah dan menyenangkan, tetapi tetap tidak keluar dari kaidah liturgi yang ada sehingga anak-anak dapat mengikuti Perayaan Ekaristi dengan khusyuk. Misa dipimpin oleh Pastor Stefanus Setyo Kumoro Aji, SVD, diiringi juga oleh koor anak-anak Bina Iman Remaja (BIR). Misa ini dihadiri lebih dari tujuh ratus umat (anak-anak Bina Iman dan anak-anak lainnya beserta keluarga).


Ketua panitia Misa Anak, Christina Masdarina saat diwawancarai mengatakan bahwa misa anak-anak ini ditujukan agar anak-anak menjadi lebih mandiri, yang biasanya ikut misa dengan orangtuanya, kali ini diharuskan mengikuti misa tanpa orang tuanya. Program Misa Anak ini pun diharapkan menjadi program yang berkelanjutan dan tidak berhenti sekali ini saja. Pesan yang dapat kita ambil yaitu ”Kita harus peduli terhadap anak-anak, karena merekalah penerus bangsa”

Ant.Nugros – St. Arnoldus Janssen

Kata Kunci : Misa Anak, anak-anak, Paroki Bekasi

0 komentar :

Posting Komentar