Rabu, 23 Juli 2014

Rekoleksi Keluarga Wilayah Santa Regina Pacis - Stasi Harapan Indah

“Istana yang paling indah adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga.”
Sepenggal lirik lagu sebuah sinetron berjudul “Keluarga Cemara” ini memiliki makna dalam kehidupan. Peran keluarga sangat penting dalam pembinaan dan pertumbuhan hidup setiap manusia. Begitu pun dalam kehidupan menggereja, Gereja yang tumbuh dan berkembang berawal dari keluarga, pendidikan dan penanaman iman Katolik pun juga berawal dari dalam keluarga.

Menyadari betapa pentingnya kebersamaan dan kekompakan dalam keluarga, maka OMK Sta. Regina Pacis berinisiatif untuk mengadakan Rekoleksi Keluarga yang dipanitiai oleh OMK Sta. Regina Pacis sendiri, dengan mengajak para orang tua beserta anak-anaknya untuk ikut dalam kegiatan ini.


Setelah sekian bulan mempersiapkan segala sesuatunya dengan berbagai macam cara, akhirnya kegiatan ini pun terlaksana. Dengan jumlah peserta 102 orang, rombongan berangkat sabtu pagi menggunakan 2 bus. Rekoleksi ini dilaksanakan di Villa Nisita, Cibodas, Jawa Barat tanggal 28-29 Juni 2014. Tujuan rekoleksi ini adalah untuk lebih mengompakkan seluruh anggota keluarga, terutama keluarga-keluarga di wilayah Sta. Regina Pacis agar lebih akrab dan saling mengenal satu sama lain.

Acara dibuka oleh koordinator Wilayah dan ketua OMK, dilanjutkan dengan penayangan film dokumentasi para OMK tentang pencarian dana. Setelah itu  kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan dari koordinator OMK serta wakil dari orang tua yang disampaikan oleh Bapak Horison, Ibu Yulita Widodo dan Ibu Nong. Seusai makan malam, mulailah sesi pertama yaitu acara perkenalan keluarga. Peserta diajak untuk memperkenalkan anggota keluarga mereka  masing-masing. Suasana begitu meriah dan seru, apalagi saat orang-orang mulai berguyon, itulah saat-saat yang paling memecahkan suasana.

Sebelum ibadat malam ada selingan games yaitu Samson and Lyla. Permainan ini dimainkan bersama, mulai dari anak-anak sampai orang tua, dan yang kalah mendapat sanksi dengan dicoret menggunakan bedak. Selanjutnya, ibadat malam itu dilangsungkan kurang lebih 30 menit, dipimpin oleh Bapak Triyono. Kemudian acara malam keakraban, yaitu api unggun, bakar jagung, dan bernyanyi bersama. Suasana malam yang dingin menjadi tidak begitu terasa karena kehangatan yang kami ciptakan bersama. 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Keesokan paginya semua peserta berkumpul di halaman villa untuk senam pagi, semua aktif dan kompak mengikuti gerakan yang dipimpin oleh para OMK. Usai olahraga, semua beristirahat sejenak dan menikmati sarapan pagi. Acara dilanjutkan dengan games, diantaranya style, tupai, joget melipat, joget balon, dan kursi basah. Peserta yang aktif pada setiap acara terutama games, dan selalu menang pada setiap games, akan mendapatkan poin. Poin ini berlaku untuk semua peserta, dan yang mendapat poin paling banyak akan mendapat hadiah berbeda dari yang lainnya di akhir acara. Saat pembagian hadiah, setiap anak mendapatkan bingkisan, dan untuk pemenang mendapatkan hadiah.

Rekoleksi keluarga ditutup dengan misa yang dipimpin oleh Pastor Jonam Sipayung, OFM. Setelah makan siang bersama, rombongan berfoto bersama dengan Pastor Johnam. Setelah itu rombongan meninggalkan Villa Nisita untuk pulang kembali ke Harapan Indah dengan sukacita.



OMK Regina Pacis - St. Albertus Agung
Kata Kunci : rekoleksi, wilayah, keluarga, OMK