Jumat, 23 Mei 2014

Expo Panggilan - "Panenan Berlimpah, Kog Pekerjanya Sedikit??? Call Me!!"

Minggu, 18 Mei 2014, ada yang berbeda di Gereja St.Arnoldus Janssen - Bekasi. Lahan TK Strada yang biasanya dipakai umat untuk memarkirkan mobil, hari itu dipenuhi dengan stand-stand berwana putih. Untuk apa stand-stand tersebut? Penasaran? Tetap baca paragraf selanjutnya yaaa.


Yap, bertepatan dengan Hari Misi Panggilan Sedunia, di Gereja St.Arnoldus diadakan Expo Panggilan. Lalu stand-stand yang sudah disebutkan di paragraf pertama tadi, tak lain dan tak bukan ialah untuk dipergunakan bagi para biarawan dan biarawati memperkenalkan tarekat/ordonya masing-masing. Tidak hanya Tarekat-Tarekat yang mengikuti Expo Panggilan kali ini, tetapi ada juga stand Periksa Kesehatan, stand yang menjual baju rohani, stand sekolah-sekolah seperti Marsudirini dan St.Monica, dan juga ada produk-produk umum seperti produk kecantikan dan Nutrigel. Untuk tarekat sendiri ada delapan ordo yang ikut berpartisipasi diantaranya SJ, CICM, FMA, SDB, OFM, OSF, OP dan SX.

Hari ini juga merupakan hari yang tepat bagi para biarawan dan biarawati untuk mempromosikan tarekatnya masing-masing. Bagi umat tersendiri, acara ini merupakan kegiatan yang menghibur dan semakin menambah pengetahuan tentang Gereja. Terlebih lagi bagi umat yang mempunyai anak, agar dapat memperkenalkan ataupun menumbuhkan panggilan dalam diri anak-anak mereka.

Selama kegiatan Expo Panggilan ini, banyak juga umat yang tak hanya sekedar bertanya tentang apa dan di mana tarekat-tarekat itu berada, tetapi banyak juga umat yang mengajak  frater ataupun suster untuk berfoto bersama. Tak hanya ada frater dan suster saja loh, tapi ada juga frater-frater dan suster-suster cilik. Mereka merupakan anak-anak paroki St.Arnoldus yang memakai jubah layaknya suster dan frater sungguhan. Bahkan dalam keadaan yang ramai seperti ini ada beberapa yang susah dibedakan mana yang frater  atau suster sungguhan dan mana yang bukan. 
            
Disamping stand-stand ordo ada juga panggung minimalis dengan spanduk bertuliskan “Panenan Berlimpah, Kog Pekerjanya Sedikit??? Call Me!!”. Yap, itu adalah tema Expo Panggilannya. Panggung ini juga dipergunakan oleh para biarawan dan biarawati untuk mempromosikan tarekatnya masing-masing. Ada yang bernyanyi, ada juga yang menari dan mengocok perut semua umat yang hadir, seperti yang dilakukan oleh frater-frater OFM.

Romo Nilo, OP dari Surabaya hadir sebagai Romo tamu atau bisa dibilang beliau adalah bintang tamu kali ini. Didampingi Romo Silvester Nong, SVD dari paroki St.Arnoldus, mereka berdua menjelaskan tentang krisis panggilan dan memberikan semangat panggilan bagi kita semua.

Acara Expo Panggilan hari ini berlangsung kurang lebih tiga jam dan diakhiri dengan foto bersama para frater, suster dan panitia. Tak lupa mereka juga bernyanyi bersama-sama. Panitia yang diwakilkan oleh Ibu Wahyuditomo selaku ketua mengungkapkan harapannya agar kaum muda bisa menjadi tulang punggung Gereja dan acara ini dapat membuat anak-anak tergerak hatinya untuk menjadi misionaris sejati. Juga diharapkan agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk memperingati hari Misi Panggilan.

Martha & Yohana – St. Arnoldus Janssen

Kata Kunci : Expo Panggilan, Tarekat, Misi Panggilan Sedunia

0 komentar :

Posting Komentar